Minggu, 02 Desember 2018

Cara menghapus dan mencegah virus Runonce | Runouce.exe

Funfact:  Sebenarnya saya baru pertama kali membuat blog/website seperti ini jadi mohon dimaafkan kalau blognya seadanya,kurang bagus,dll. Tujuan saya membuat blog ini semata-mata hanya untuk membantu agan2 yg terkena virus runouce.exe ini. karena saya tahu bagaimana rasanya terkena virus ini, rasanya ingin saya banting laptop/pc punya saya biar rusak sekalian hehehe. SERIUSSS !!!


Kenapa Virus Ini Bisa Ada Di Laptop/Pc?

Ada banyak cara virus ini bisa masuk ke windows kita (cari sendiri di internet).
salah satunya yang saya alami ketika saya menginstal aplikasi menggunakan hardisk external dilaptop teman saya. mungkin laptop punya teman saya ada virus ini atau virus yang lain nya saya kurang tau. alhasil ketika saya menggunakan hardisk external itu untuk menginstal aplikasi yang sama dilaptop saya BOOM ada virus bernama Runonce atau Runouce.exe yang didetect sama antivirus saya setelah instalasi selesai. tidak lama setelah itu aplikasi yang sudah ada sebelumya dilaptop saya tidak bisa dijalankan atau error.


Cara Menghapus Virus Runouce.exe


Pertama-tama lihat dulu di "Start up program" agan apakah virus ini ada atau tidak.
Caranya buka start menu > ketik Run di searchbar nya > buka aplikasi "Run" > lalu ketik "msconfig".
setelah itu click tab "startup" nya.


Kalau ada "Runouce.exe" seperti gambar yang diatas artinya laptop/pc agan sudah terinfeksi di Startup nya. Nah, kalau sudah seperti ini dengan berat hati saya sarankan untuk instal ulang windows agan. kenapa? karena sekalipun dihapus Registry nya nanti virus ini akan kembali lagi setelah di restart atau shutdown.
(dari pengalaman saya sendiri saat terkena virus ini)

Kenapa ada virus ini di startup?
Karena Restart/Shutdown disaat aplikasi program startup terkena virus ini . biasanya aplikasi seperti Ccleaner,Power iso,Antivirus dll sudah diset menjalankan otomatis ketika masuk windows. alhasil virus"Runouce.exe" ini muncul di startup. jadi kalau terkena virus ini saya sarankan jangan Restart laptop/pc agan sebelum menghapus semua program yg diinstal.

Kalau tidak ada virus "Runouce.exe" ini di startup, selamat gan. Silahkan lanjutkan ke step berikutnya.

Langkah selanjutnya matikan System Restore nya.caranya:
StartmenuControl Panel > System and Security > System > Advance System Setting > klik Local Disk (C:) (System) lalu pilih Configure > pilih Turn off system protection > klik ok.



Lalu setelah itu hapus atau rename file yg bernama "runouce.exe" yg berada di :
"C : \Windows\System32\runouce.exe" (untuk sistem 32bit hapus atau rename ini saja) 
"C : \Windows\SysWOW64\runouce.exe" (untuk sistem 64bit hapus/rename ini juga jika perlu)

Scan laptop/pc agan dengan antivirus.
saya rekomendasikan Smadav versi terbaru
(satu-satunya aplikasi antivirus yang tidak terkena virus ini di laptop saya).
Yang ada di quarantine hapus juga, lakukan berkali kali sampai Antivirusnya nya tidak mendetect virus "Runouce.exe"lagi.

Selanjutnya hapus folder "RunOnce" di registry dengan cara :
buka start menu > ketik Run di searchbar nya > buka aplikasi "Run" > lalu ketik "Regedit" lalu cari registry di bawah ini:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\MICROSOFT\Windows\CurrentVersion\Run\"Runonce"

HKEY_LOCAL_USER\SOFTWARE\MICROSOFT\Windows\CurrentVersion\Run\"Runonce"


Hapus "Runonce" folder
Delete "Runonce" folder


Setelah folder "RunOnce" dihapus, scan lagi laptop/pc agan dengan Antivirus. berkali kali ya gan sampai hilang virusnya.

Selanjutnya hapus semua program yang diinstal. terutama program yg berjalan di startup. bisa dilihat disini program apa saja yang sudah kita instal. 
Startmenu > Control panel > Programs > Programs and Features.

Note: Yang perlu dihapus cuma aplikasi yang ada didaftar Programs and Features ini. Aplikasi program bawaan windows seperti internet explorer, windows media player tidak usah dihapus.


Ingat gan!! bukan di uninstall tapi hapus langsung di directory nya biasanya program yang kita install ada di C:\Program Files dan C:\Program Files (x86) atau klik kanan icon yang ada di desktop lalu pilih "Open File Location" lalu hapus semua file beserta foldernya. tenang aja gan program yang dihapus bisa didownload lagi kok di internet.
Mudah mudahan virusnya udah hilang di laptop/pc agan, Amin.

OPINI : Sebenarnya saya lebih menyarankan install ulang windows daripada harus melakukan cara diatas. selain susah dan repot saya tidak menjamin cara diatas akan berhasil 100 %.

Untuk agan yang memutuskan instal ulang silahkan ikuti juga cara dibawah ini karena setelah instal ulang pun virus ini bisa kembali lagi seperti yang saya alami dulu.

Mencegah Virus Runouce.exe Agar Tidak Kembali Lagi

Virus "Runouce" ini sebenarnya cuma menginfeksi file yang berekstensi ".exe" dan membuat file ketika kita berselancar di internet bernama "Read me.eml"dan menyebarkannya ke folder-folder secara diam-diam. Untuk yang mengikuti cara diatas langsung saja ikuti cara dibawah ini dan buat yang menginstal ulang windows bisa dilakukan sebelum atau sesudah nya. 

Hapus semua file yg bertipe .eml
Caranya buka start menu > ketik CMD di searchbar nya > buka"CMD.exe"dengan run as administrator > ketik :


del /s/f/q c:\*.eml      (untuk menghapus semua file ekstensi “eml” di drive c)
del /s/f/q d:\*.eml      (untuk menghapus semua file ekstensi “eml” di drive d) 
del /s/f/q e:\*.eml      (untuk menghapus semua file ekstensi “eml” di drive e)

Setelah itu tekan Enter.

Untuk agan yang baru instal ulang windows tidak perlu menghapus file "eml" di drive C.

Selanjutnya hapus semua file bertipe ".exe" di drive D, drive E ,dan seterusnya kalau ada.
note: di drive C tidak usah dihapus kecuali agan pernah download file bertipe ekstensi".exe" seperti installer program kalau itu sebaiknya dihapus.
Tenang gan file bertipe ".exe" bawaan windows seperti "Run.exe", "cmd.exe", "iexplorer.exe" tidak akan terinfeksi virus"Runouce.exe" jadi JANGAN DIHAPUS.

Tujuan penghapusan file .exe ini adalah agar virus"Runouce" ini tidak kembali lagi nantinya. bahkan yang sudah instal ulang sekalipun akan terkena virus"Runouce" ini lagi jika menjalankan file bertipe ".exe" yang terinfeksi virus ini sebelumnya.

Hapus file berekstensi ".exe" di flashdisk dan hardisk external jika perlu

Coba diingat-ingat gan, apa pernah mencolokan flashdisk atau hardisk external ke laptop/pc saat terkena virus ini? kalau pernah, mungkin file".exe" yang ada didalamnya terinfeksi virus"Runouce" ini juga. terserah agan mau dihapus atau tidak kalau agan yakin itu virus sebaiknya dihapus. karena setau saya virus ini cuma menginfeksi file ".exe"  yang ada di drive C , D , dan E tapi saran saya agar lebih aman mending dihapus.

Hapus file document yang rusak atau corrupt

Saat terkena virus "Runouce" ini saya sarankan untuk tidak membuka file document apapun yang dibuat dengan menggunakan MS Word Office atau semacamnya karena akan membuat file document tersebut rusak atau corrupt dan tidak bisa dibuka lagi. nah kalau ada file document yang rusak seperti ini lebih baik dihapus agar mencegah virus ini kembali lagi nantinya.

Semoga blog ini bermanfaat dan membantu, 
sekian dari saya. terimakasih.






2 komentar:

  1. Saya menggunakan cara diatas masih tetap tidak bisa gan
    alhasil saya coba instal ulang windows saya,tapi tetep saja ada virus itu

    bagaimana gan?

    BalasHapus